Melongok Pasar Tradisional Zaman Dulu di Pasar Terapung Lok Baintan

Kemana kamu merencanakan traveling akhir tahun ini? Kalau belum ada, Pasar Terapung Lok Baintan yang terletak di Kabupaten Banjar bisa kamu masukkan dalam list. Sebelum kamu mengunjungi desa wisata di Kota Seribu Sungai ini, ada baiknya kamu mengetahui tentang seluk beluk serta keunikan apa saja yang ada di sana. Yuk, langsung intip ulasannya.

Akses Menuju Pasar Terapung Lok Baintan

1
Kelotok Untuk Pergi Mengunjungi Desa Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan terletak di Desa Lok Baintan, Kecamatan Suangai Tabuk, Kabupaten Banjar. Sedangkan untuk yang ada di Banjarmasin, namanya Pasar Terapung Muara Kuin (Sungai Barito). Nah, untuk bisa menuju ke sana, kamu bisa menempuhnya melalui 3 jalur, yaitu sungai, daratan, serta gabungan keduanya (sungai dan daratan).

Kalau ingin mengambil jalur sungai, kamu bisa menempuhnya dengan menyewa kelotok. Kelotok merupakan sejenis perahu atau kapal kecil bermotor yang bisa kamu sewa mulai jam 4 pagi. Kamu juga bisa menawar harga sewa pada pemiliknya yang sekaligus bertindak sebagai tour guide. Jadi kalau datang bersama rombongan, kamu bisa lebih berhemat.

Untuk jalur daratan, kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan umum atau pibadi. Tapi karena jalannya masih berbatu, disarankan untuk mengendarai motor. Sedangkan untuk jalur campuran, kamu menempuh setengah jalan dengan kendaraan, kemudian disusul dengan naik kelotok yang biaya sewanya setengah dari harga yang harus dibayar melalui full jalur sungai.

Titik start terdekat untuk naik kelotok ada di dermaga depan Kodim dan kantor Gubernur. Jalur yang direkomendasikan adalah yang pertama, karena kamu bisa menyaksikan banyak hal unik sepanjang perjalanannya, seperti warga yang mencuci baju, piring, dan menyikat gigi menggunakan air sungainya yang bersih.

Spot terbaik untuk mengambil foto adalah di atas jembatan gantung, karena semakin siang, jukung atau perahu yang dinaiki pedagang akan terbawa arus ke hilir menuju jembatan. Jadi, kamu bisa mengambil foto keunikan dan kesibukan Pasar Terapung Lok Baintan secara langsung dari atasnya dengan jelas.

Kamu juga bisa menyaksikan keunikan transaksi jual beli yang anitimainstream ini, yaitu penjual dan pembeli berada di perahu kecil. Untuk kamu yang tinggal di Pulau Jawa dan luar Kalimantan, pemandangan ini tentu jarang terlihat. Pasar ini sebenarnya pernah dipindah ke daratan, tapi kemudian kembali lagi ke anak sungai Sungai Martapura, Lok Baintan.

Jam Pasar yang Singkat

2
Penjual Kue di Pasar Terapung Lok Baintan Menggunakan Jukung

Nah, untuk bisa menikmati wisata unik di Pasar Terapung Lok Baintan ini, kamu harus bangun pagi agar tidak kehabisan kelotok. Apalagi saat musim panen dan hari pasaran yang jatuh pada hari Jumat, tidak hanya wisatawan lokal yang datang, tapi banyak pula wisatawan mancanegara yang sengaja berkunjung untuk menyaksikan keunikan pasar terapung ini.

Pedagang sudah berkumpul sejak ba’da Shubuh, yaitu sekitar jam 5 pagi dengan puncak keramaiannya terjadi pada jam 6-7. Jadi, kalau ingin menyaksikan awal-awal kesibukan pedagang di Lok Baintan, kamu harus bangun sebelum Shubuh. Pedagangnya didominasi wanita bertanggui (kain penutup kepala) yang semangat menawarkan barang dagangannya.

Berbagai jenis hasil panen seperti sayur-mayur dan buah-buahan dijual di sini. Selain itu, ada juga kue tradisional khas, souvenir (topi anyaman), sarapan berat khas (Soto Banjar, Ketupat Kadangan, laksa, dan lupis), minuman, serta lainnya.

Kamu pun bisa mencoba untuk merasakan sensasi sarapan di atas perahu. Menikmati kue khas atau Soto Banjar sambil digoyang ombak kecil sungai yang sesekali datang. Satu hal yang perlu diingat, kamu tidak bisa menyaksikan pasar ini di atas jam 9 pagi karena jam pasarnya yang singkat, hanya 4 jam, yaitu dari jam 5 sampai jam 9.

Keunikan Sistem Pembayaran

3
Transaksi antara wisatawan lokal dengan pedagang di pasar Terapung Lok Baintan

Membayar belanjaan dengan uang dan kartu kredit tentu sudah biasa buat kamu. Tapi untuk sistem barter, pernahkah kamu melakukan atau menyaksikannya? Tentu saja kamu tidak harus melakukan teleportasi ke zaman prasejarah untuk menyaksikan transaksi jual beli dengan cara ini karena di Lok Baintan, sistem pembayaran ini masih berlaku.

Sebagian besar pedagang menjual barang dagangannya pada pengumpul atau pembeli yang membeli secara borongan. Lantas, apa yang bisa di-barter? Sistem barter umumnya dilakukan oleh sesama pedagang sesuai kesepakatan. Jadi kalau tidak punya sekeranjang labu untuk ditukar dengan sebakul jeruk, kamu masih bisa membayarnya dengan uang.

4.5

Summary

Pasar Terapung Lok Baintan terletak di Desa Lok Baintan, Kecamatan Suangai Tabuk, Kabupaten Banjar. Sedangkan untuk yang ada di Banjarmasin, namanya Pasar Terapung Muara Kuin (Sungai Barito).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *